Rabu, 03 September 2014

Fauna Baru dan Unik di Temukan di Indonesia

Posted by with No comments
Pegunungan Foja

Quote:Sebuah ekspedisi biologi di hutan hujan nan terpencil di Papua telah mengeksplorasi dunia yang penuh dengan satwa unik dan indah, seperti monster fiksi ilmiah rancangan komputer.

Quote:






Quote:Pegunungan Foja, atau Mamberamo-Pegunungan Foja, adalah rangkaian gunung yang terletak di sebelah utara Sungai Mamberamo di kawasan Papua, Indonesia. Titik tertingginya ialah 2.193 m. Pegunungan ini merupakan bagian dari daerah aliran sungai Mamberamo yang memasok air bersih di seluruh kawasan Papua bagian utara. Sebuah suaka margasatwa seluas 1.442.500 hektar berada di pegunungan ini.


Quote:

Spoiler for "1.\tKatak Pinokio (Pinocchio frog)":


Quote:Spesies baru itu yakni katak (Litoria sp. nov.) yang diamati memiliki benjolan panjang pada hidung seperti Pinokio yang menunjuk ke atas bila ada ajakan dari jenis jantan serta mengempis dan mengarah ke bawah bila aktifitasnya berkurang, yang ditemukan herpetologis, Paulus Oliver, secara kebetulan, ujarnya. .


Spoiler for "2.Wallabi Cebol (Dwarf wallaby)":

Quote:Sepesies kanguru terkecil yang belum pernah ditemukan di alam bebas sebelumnya. Wallabi (Dorcopsulus) hidup di lantai hutan. Bergabung menjadi salah satu dari tiga spesies tersebut yang telah diketahui.



Spoiler for "3. Merpati Imperial (Imperial pigeon)":




Quote:Burung tersebut terlihat empat kali selama ekspedisi, tetapi belum pernah terlihat sebelumnya menunjukkan bahwa hewan ini tidak banyak. Mereka adalah spesies baru burung kekaisaran merpati (Ducula) dibedakan oleh bulu warna berkarat, putih dan abu-abu.


Spoiler for "4. Tikus Pohon (Tree mouse) ":


Quote:Hampir pasti merupakan spesies baru tikus pohon (Pogonomys). Hewan-hewan tersebut ditemukan hanya di Indonesia, New Guinea, dan Australia. "Pegunungan Foja adalah sebuah pulau virtual di mana spesies berevolusi selama ribuan tahun," kata John Francis dari National Geographic.


Spoiler for "5.Kelelawar Blossom (Blossom bat)":


Quote:Kelelawar spesies baru yang bergabung dengan genus kecil Syconycteris. Mereka memakan nektar dari bunga di hutan hujan.

Spoiler for "6. Tokek Bow-fingered (Bow-fingered gecko)":

Quote:Tokek ini memiliki mata kuning dan jari yang bengkok yang juga termasuk "gargoyle-like"                                                              
Spoiler for "8. kangguru pohon berjubah emas (The golden-mantled tree kangaroo)":


Quote:Merupakan sejenis kanguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang.

Spoiler for "9. burung penghisap madu (The smoky honeyeater)":

Quote:The smoky honeyeater adalah spesies burung baru yang ditemukan di Papua sejak ditemukan terakhir kali pada tahun 1939.Para ilmuan menemukan burung ini pada saat mereka menjajaki ekspedisi di Pegunungan Foja, Indonesia.

Spoiler for "10.the golden-fronted bowerbird":


Quote:Pada tahun 2005, ilmuan mendapat foto pertama the golden-fronted bowerbird, burung yang diyakini sudah ada pada tahun 1890 tetapi habitat aslinya belum ditemukan sampai 1980.


Spoiler for "11.Berlepsch's six":



Quote:Burung ini dikenal dengan nama Berlepsch's, burung ini hanya ditemukan sekali di hutan sejak penemuannya pada sekitar 1 abad yang lalu. Diyakini habitat asli nya tdk diketahui.

0 komentar:

Posting Komentar