Minggu, 21 September 2014

Tips & Trik Membuat Milkshake Mudah dan Murah

Posted by with 1 comment


Spoiler for Bahan-Bahan dan Alat:
Siapkan Bahan-Bahan
1. SUSU
Susu yang digunakan bisa dairy milk (kayak susu ultra) atau susu kaleng, kalau pake susu kaleng, usahakan susunya dicampur air dulu, perbandingannya sesuai selera, jangan terlalu encer, jangan terlalu manis. Kl agan pake susu yang ada rasanya juga gak masalah, sesuai selera agan aja.. misal susu Indomilk yang rasa strawberry, atau susu kental manis rasa coklat juga bisa.

2. Es Batu
Esbatu yang dipakai terserah aja gan..mau esbatu yang beli di warung atau dibikin sendiri juga boleh.. yang penting dari air minum dan airnya bersih.

3. Perasa
Nah kali ini agan boleh pake perasa apa aja yang agan mau sesuai imajinasi agan.. misal agan mau susu rasa coklat,kl mau murah pake aja coklat milo, kl mau yang mahal dikit beda 1rb beli aja bubuk hotchocolate sachet. Kl mau asem-asem dikit beli yoghurt atau yakult, kl mau rasa jeruk pake nutrisari, kl mau rasa kopi bisa pake capucimo, atau kopimix, atau kl mau bertenaga bisa pake extrajoss atau kratingdaeng, hahaha.. atau bisa juga pake syrup. Sesuai selera..

4. Topping
Kl mau ditambah topping juga bisa, misal ditambah buah-buahan, ditambah ceres juga bisa, chocochip, dan juga kacang mede.. ditambah hersey coklat, whipcream, semua bisa .. sesuai selera.

Alat yang digunakan
1. Botol/ Shaker
Yang namanya milkshake ya harus di shake dong.. nah kita pake shaker aja.. terserah agan mau pake shaker yang bagus kayak bartender, atau pake botol aqua juga bisa.. kl pake botol aqua yang penting esbatunya dihancurin dulu kecil-kecil biar bisa masuk ke dalam botol.

2. Gelas
Gelas mah gak usah muluk-muluk, yang ada aja yang dipake.. asal dicuci dan dikeringkan dulu sebelum digunakan.

Gambar:


Spoiler for Cara Membuat:

1. Masukkan bubuk perasa yang mau digunakan ke dalam shaker.
kali ini sebagai contoh saya buat yang rasa capucinno, jadi saya masukkan deh perasa capucinno terlebih dahulu



2. Masukkan esbatu secukupnya
Masukkan es batu kira-kira 4 cube (4 biji) kl mau lebih dingin ya banyakin, cuman kl kebanyakan es batu juga gak bagus, selain terlalu penuh dan agak susah di shake, esbatu juga bisa bikin rasa milkshake kurang manis, jadi secukupnya saja saja.



3. Tuangkan susu secukupnya
Dalam menuangkan susu juga jangan terlalu banyak, karena susu kalau kita shake/kocok akan mengembang (berbusa) jadi kl menuangkan susu kebanyakan bisa-bisa saat membuka botol malah meledug atau susunya tumpah karena terlalu banyak tekanan busa susu dari dalam. Kl bisa isinya jangan sampai full, perbandingan isi dan besar botol ¾ lah..



4. Shake/Kocok
Shake atau kocok susu selama 3menit dan jangan berhenti.. kl agan jago, agan bisa gunakan trik2 putar botol kayak bartender gitu.. hahaha.. makin lama agan kocok, makin enak!!!



5. Tuang ke gelas dan kasih topping
Setelah dishake, tuang kegelas, jangan lupa kasih toping biar enak dan kece..



Spoiler for Finally!!!!:
6. Tara… Milkshake ala Papayayat siap dihidangkan!!!!


Spoiler for Contoh Kreasi:


Spoiler for Manfaat MilkShake:
Selain rasa yang enak dan gak ngebosenin, milkshake bisa membantu agan mendapatkan manfaat susu kl agan memang gak suka minum susu putih secara langsung, susu banyak manfaatnya loh.. selain banyak vitamin dan mineral, juga ada kalsium untuk memperkuat tulang dan menjauhkan kita dari osteoporosis.

1 komentar: