Jumat, 05 September 2014

7 BENDA MEWAH TERKUTUK

Posted by with No comments
Spoiler for ini dia gan:


1. Berlian harapan/hope diamond


Hope Diamond atau Berlian Hope adalah salah satu dari 10 berlian termahal di dunia yang terletak diMuseum Smithsonian, Washington. Pada awalnya berlian ini dicuri oleh seorang Pendeta yang akhirnya ditangkap dan disiksa karena tindakan pencurian tersebut. Selain sebagai salah satu berlian termahal ia juga merupakan salah satu berlian yang memiliki kutukan di dalamnya.
Beberapa orang yang memiliki hubungan dengan berlian ni berhadapan dengan kematian yang tida mengenakkan. Beberapa di antaranya melakukan bunuh diri, "dirobek" oleh anjing, meninggal di penjara, penyakit dan seterusnya.


2. Cincin emas peradaban roma kuno


Pameran di Inggris memiliki koleksi tidak biasa, yang berasal dari masa lalu. Sebuah cincin emas dari peradaban Roma kuno bukan sekadar benda. Disebut-sebut, cincin ini terkutuk. British National Trust dan Tolkien Society memamerkan artefak dari Roma kuno di pameran yang digelar di Mansion The Vyne, Hampshire, Inggris. Dari news.com.au, Rabu (3/4/2013), cincin terkutuk itu berukuran lebih besar dari cincin kebanyakan dan berwarna emas.
Di lingkaran cincinnya bertuliskan kalimat yang jika diartikan dalam bahasa latin berarti, 'Senicianus hidup bahagia bersama Tuhan'. Terdapat gambar Dewi Venus di bagian tengah cincin. Berat cincin sekitar 12 gram dan diperkirakan berasal dari abad ke-4.
Yang membuatnya terkutuk, karena cincin ini dipercaya berhubungan dengan artefak yang ditemukan di Kuil Roma. Tablet tersebut bertuliskan permohonan bantuan kepada Dewa Nodens di Gloucestershire, barat Inggris.
Isinya adalah, pria bernama Silvianus telah menghilangkan cincin. Sang penulis artefak tersebut meminta Nodens untuk mengutuk Silvianus dengan penyakit, sampai ia mengembalikan cincin tersebut ke kuil.
Cincin ini disebut-sebut yang menjadi inspirasi JRR Tolkiens, sang penulis buku Lord of the Ring, The Hobbit, sekaligus profesor Anglo-Saxon di Oxford University. Tolkiens memang beberapa kali mendatangi kuil Roma yang dipercaya tempat asal cincin terkutuk tersebut, sebelum akhirnya menulis buku The Hobbit.
Para pecinta sejarah, buku Tolkiens, ataupun yang sekadar penasaran bisa mendatangi The Vyne saat sedang liburan di Inggris. Lihat sendiri bagaimana penampakan cincin yang konon terkutuk tersebut.


3. Berlian black orlov


Berlian Black Orlov, dikenal juga sebagai Mata Brahma (Eye of Brahma) adalah sebuah berlian yang dicuri dari sebuah kuil Hindu oleh seorang Biarawan. Berlian ini kemudian dimiliki oleh beberapa wanita yang kebanyakan dari mereka mengambil nyawa mereka sendiri dengan bunuh diri. Dua di antaranya lompat dari gedung tinggi. Brahma sendiri adalah Dewa pencipta di Hindu.
Akhirnya, berlian ini dijual ke seorang jauhari (tukang perhiasan) di New York, ia memecah berlian ini menjadi 3 bagian. Hal ini dipercaya berhasil memecahkan kutukan dari Black Orlov ini. Berlian Black Orlov ditampilkan di American Museum of Natural History, New York, dan Natural History Museum, London

4. Berlian taylor burton


Richard Burton dan Elizabeth Taylor adalah orang terkenal yang memiliki kisah cinta romantis dan penuh skandal, termasuk berlian yang terlibat di dalamnya. Elizabeth mengambil Eddie Fisher dari istrinya, Debbie Reynolds. Dari hasil perselingkuhan itu, Elizabeth mendapat reaksi keras dari masyarakat. Tapi tidak berhenti sampai di situ, Elizabeth melepas Eddie dan merebut Richard Burton yang sudah memiliki istri bernama Sybil.
Dengan hidup Elizabeth yang glamor dan mewah, Richard memberi hadiah yang sangat mahal dan luar biasa, yaitu sebuah kalung berlian berbentuk tetesan air. Orang-orang menganggap kalung itu berbentuk tetesan air mata, dari wanita-wanita yang sudah direbut suaminya oleh Elizabeth. Mungkin karena kutukan (orang-orang percaya hal ini), Elizabeth sangat sering berbicara sendiri dengan kalung berlian yang sangat mahal itu. Jika ada yang bertanya padanya dia sedang apa, Elizabeth akan menjawab “Sedang bermain dengan perhiasan saya,”

5. Topeng Prajurit Maori


Kaum Maori adalah kaum prbumi di New Zealand yang sebelum berperang akan memahat topeng mereka sendiri untuk dikenakan saat perang. Berdasarkan kepercayaan mereka, semua pria yang meninggal di perperangan saat mengenakan topeng ini akan meninggalkan jiwa mereka di topeng tersebut.
Tidak ada ancaman bagi para pria yang mengenakannya, hanya saja berhati-hatilah jika Anda adalah wanita yang hamil atau sedang daam menstruasi. Dikatakan bahwa jika wanita yang sedang berada dalam kondisi tersebut berada di dekat topeng ini maka mereka akan berada dalam bahaya atau akan mengalami nasib sial. Bahkan museum Inggris juga menuliskan sebuah peringatan bagi para wanita untuk memberitahukan mengenai kutukan ini.


6. Berlian eureka-afsel


Berlian ini adalah salah satu berlian terbaik yang ditemukan di Afrika Selatan. Negara tersebut memang menjadi salah satu negara penghasil berlian terbanyak di dunia, sayangnya, kesejahteraan rakyat Afrika Selatan justru memprihatinkan. Banyak orang menolak memakai berlian dari Afrika Selatan, sebagai bentuk peduli pada para pekerja tambang yang sangat memprihatinkan. Kisah Berlian Eureka terjadi saat dia ditemukan oleh seorang anak gembala di pantai Hopetown.
Saat ditimbang dan belum dipoles, beratnya mencapai 231 karat. Berlian ini akhirnya berpindah tangan ke Inggris untuk diserahkan pada Ratu Victoria di Windsor Castle. Berlian Eureka sudah sangat sering berpindah-pindah tangan, mulai dari keluarga kerajaan hingga konglomerat. Sayangnya kehadiran berlian mewah ini juga menyisakan banyak kisah memilukan dan tragis di dalamnya. Saat ini Berlian Eureka dipamerkan di Kimberly Museum, Afrika Selatan.

7. Berlian sancy


Sancy adalah nama yang diberikan pada berlian 55.23 karat yang memiliki ukuran besar. Berlian berwarna kuning pucat ini berasal dari India dan menjadi terkenal saat Raja Henry III memilih untuk meletakkan berlian itu pada topinya.
Raja Henry III memang selalu memakai topi untuk menyembunyikan kepalanya yang botak. Saat generasi berganti, Henry IV meminjam topi itu sebagai jaminan untuk biaya jaminan penyusunan tentara Inggris yang baru. Sayangnya, berlian itu tiba-tiba menghilang. Yang mengejutkan, berlian itu ditemukan di dalam perut utusan kerajaan. Saat otopsi di bagian perut, ditemukan berlian Sancy yang hilang. Akhirnya berlian ini berkali-kali ganti kepemilikan dengan kisah buruk. Akhirnya Berlian Sancy diserahkan untuk The Apollo Gallery, di Museum Louvre di Paris.

0 komentar:

Posting Komentar