Jumat, 05 September 2014

10 Rahasia Pembuatan Adegan Mobil dalam Film Hollywood

Posted by with No comments


Quote:
Quote:
Quote:

Apa yang dibutuhkan untuk membuat adegan pengejaran mobil dalam film Hollywood yang sempurna? Tidak ada narasumber yang lebih baik untuk ditanyai selain Dennis McCarthy, koordinator adegan aksi ‘The Fast And The Furious 6’. MSN bertanya kepadanya tentang tips untuk memfilmkan pengejaran mobil paling dramatis.
Quote:

  • Naskah film



“Setiap film dan adegan pengejaran mobil harus diawali dengan naskah. Bahkan jika itu hanya garis besar dari apa yang akan terjadi, cukup untuk memberitahu kita apa yang akan ada dalam film dan apakah kita memiliki tempat dalam cerita yang menarik dan dramatis.”

“Pekerjaan kami adalah mewujudkan naskah menjadi adegan asli dengan membuat aksi dan pengejaran mobil yang menarik. Tapi mereka harus bekerja sesuai dengan naskah yang ada.”



Quote:

  • Gunakan mobil mainan untuk melihat seperti apa adegan yang akan terlihat


“Setelah membaca naskah, kita mulai bekerja dengan sutradara dan membuat beberapa sketsa kasar. Kita mulai mengutak-atik menggunakan banyak mobil mainan. Kami mengatur letaknya untuk melihat bagaimana mereka terlihat di depan kamera, kita dapat mencoba beberapa aksi dengan beberapa kendaraan miniatur.”

“Hal tersebut akan memberikan kita bayangan bagaimana adegan itu terlihat ketika kita memfilmkannya di dunia nyata: sudutnya, bagaimana mobil itu akan berguling, bagaimana mobil akan berputar. Kita terus mencoba dan membuat kesepakatan sebelumnya dengan semua pihak tentang apa yang akan kita lakukan.”


Quote:

  • Punya anggaran yang cukup


“Membuat aksi mobil yang besar membutuhkan biaya, dan tentu sangat banyak. Kami menghabiskan jutaan dolar dalam film ‘The Fast Furious 6’ hanya untuk adegan pengejaran mobil dan beberapa aksi lainnya. Satu adegan saja hampir menghabiskan biaya sebesar 1,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp14,6 miliar).

“Pikirkan apa yang akan dilibatkan. Kami harus mencari dan mempersiapkan ratusan mobil, kami harus mengirimnya di seluruh dunia, kami punya tim mekanik yang sangat banyak untuk memeriksanya, kami punya truk yang sangat banyak, tagihan asuransi yang besar, biaya gaji sopir terbaik dan bahkan kami harus menyewa truk fork-lift untuk satu adegan. Dan ketika Anda melihat lokasi dalam film kami, Anda akan menyadari bahwa semua itu memang tidak murah.”


Quote:

  • Buat seperti nyata


“Sebagian besar yang kami lakukan itu direncanakan berdasarkan pengalaman kami, dan bukan efek khusus yang dibuat dengan komputer. Saya bisa mengatakan bahwa 95 persen adegan di film ‘Fast And The Furious 6’ dilakukan dengan melibatkan gabungan pakar kami. Adegan seperti itu tidak bisa dibuat hanya dengan komputer. Jika kami membuat adegan motor terbang yang lama dan sulit atau sesuatu seperti itu, kami tentu akan memperhitungkannya dengan simulator komputer, tapi itu bukan pekerjaan saya.”

“Ada banyak realisme dalam film ini. Banyak film yang adegannya dipalsukan, tapi saya pikir para penonton dapat melihat perbedaannya. Namun Anda tidak bisa selalu melakukan aksi mobil di mana pun Anda inginkan. Anda tidak bisa menabrakkan sebuah mobil di pusat kota London, misalnya; kami melakukannya di tempat lain dan menggunakan CGI (computer generated imagery) untuk menempatkannya di lokasi pilihan kami.


Quote:

  • Pilih mobil sempurna!


“Kami memilih mobil dengan sistem kemudi rear-wheels, karena lebih oversteer dan terlihat lebih dramatis ketika mobil tersebut bergerak. Mobil jenis ini membutuhkan penguncian as roda belakang differential sehingga kedua roda bisa berputar secara bersamaan. Hal itu membuat slip yang dramatis dan kami selalu membuang kontrol traksi dan stabilitas. Kami memodifikasi mobil tersebut di bengkel kami sendiri.

“Untuk mobil yang penting untuk sebuah cerita secara keseluruhan kadang-kadang kami membuat sebuah mobil utama dan beberapa tiruan untuk melakukan adegan aksinya. Semuanya akan dibuat dengan pengaman, mesinnya dipercepat dan akan membuang airbag-nya.”



Quote:

  • Keselamatan adalah yang terpenting


“Mobil-mobil dipersiapkan secara hati-hati di bengkel kami. Kami mengubahnya sesuai standar balapan, kami tidak bisa mengambil risiko dengan tidak memasang kerangka pelindung jika terjadi tabrakan keras. Dalam film ‘Fast And Furious 6’ kami punya mobil vintage, Chrysler SRT-8s dan BMW M5s (meskipun mobil itu sebenarnya adalah 540i) dan banyak lagi.”

“Perbedaan fiilm ‘The Fast And Furious’ adalah Anda dapat milihat semua perlengkapan perlindungan dalam film ini. Kami tidak mencoba atau menipu para penonton bahwa perlengkapan itu dipasang.”



Quote:

  • Pilih lokasi yang bagus


“Kami mencari jalan terbaik di seluruh dunia. Adegan pengejaran mobil terbaik adalah nyata dan tidak banyak menggunakan teknologi komputer sehingga kita memerlukan jalan yang tepat yang menggabungkan lokasi indah dengan beberapa adegan di jalanan yang kita butuhkan.”

“Dalam film ‘The Fast and Furious 6’ kami menemukan sebuah jalan di Tenerife yang menakutkan dan berbahaya bahkan dalam kecepatan normal. Pada saat kami mengambil gambar, ban mobil yang digunakan kempes, namun jadi tampak sangat mengagumkan pada hasil penyuntingan terakhir. Sopir pengganti mengemudikan mobilnya seperti balapan reli di sana. Anda bisa merasakan bahaya, dan itulah yang membuatnya menarik. Anda tidak bisa membuat-buat itu dengan komputer.”



Quote:

  • Ingat inspirasi Anda


“Ada beberapa adegan pengejaran dan aksi mobil yang sangat luar biasa dalam sejarah Hollywood. Saya suka film-film yang berani, adegan kejar-kejaran mobil dalam film ‘Bourne’ sangat luar biasa. ‘Ronin’ terlihat sangat nyata, begitu juga ‘French Connection’ dan ‘Gumball Rally.’

“Saya sangat terpengaruh dengan itu, tapi saya sangat bangga dengan film ‘The Fast And The Furious’. Saya rasa adegan di film kelima yang melibatkan beberapa mobil dan satu mobil derek adalah favorit saya.”



Quote:

  • Gunakan sopir terbaik


Kami membawa banyak pengendara dari Los Angeles, tapi kami melibatkan beberapa orang Inggris juga. Kami punya Ben Collins, yang menjadi Stig dalam acara ‘Top Gear’. Dia sangat luar biasa, dia selalu melewati batas. Itu alasan kenapa dia dilibatkan dalam film terakhir ‘Bond’.

“Sopir-sopir itu tahu bagaimana membuat mobil terlihat dramatis dalam film. Anda tidak bisa membuatnya di komputer; ini kemampuan yang nyata.”



Quote:

  • Jangan terlalu menyayangi mobil


“Ketika Anda merusak 300 mobil, Anda tidak akan bisa terlalu sayang dengan mobil-mobil itu. Kami punya 10 Chargers dari Chrysler dan kami menghancurkan sembilan di antaranya dalam film terbaru kami. Hanya satu yang masih utuh.”
“Tapi pasti ada mobil yang sangat Anda jaga. Dodge Daytona yang dikemudikan Vin Diesel sanagat fantastis dan kami tidak ingin menghancurkan yang satu itu. Kami membuat satu mobil dengan transmisi manual enam percepatan dan itu sangat sempurna. Mobil itu akan disimpan untuk acara karpet merah dan beberapa artikel di majalah. Pasti selalu ada satu mobil yang ingin Anda jaga.

0 komentar:

Posting Komentar