Selasa, 09 September 2014

Salah Satu Surga Perawan di Ujung Indonesia

Posted by with No comments
Selamat pagi, siang, sore, malem, gans and roses sekalian.
Buat ente yang hobi jalan-jalan, photography, pengen liburan, dan yang pasti Cinta Indonesia.
Surga Kecil di Ujung Barat Indonesia ini [Bukan Pulau Weh!] wajib ente kunjungi.


Namanya, Kepulauan Banyak.
a.k.a Paradise Island [Julukan dari wisatawan asing yang sering berkunjung kesana].

Yuk, langsung cek TKP gan!

Kepulauan Banyak (Banjak) merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ibu kota kecamatannya terdapat di Pulau Balai yang sekaligus merupakan nadi perekonomian dari Kepulauan Banyak karena di sanalah transaksi ekonomi antar penduduk berlangsung dan mempunyai fasilitas lengkap di banding pulau-pulau lainnya di Kepulauan Banyak.

Quote:

Kepulauan Banyak sendiri berada pada koordinat 97°3’40″ BT – 97°27’58″ BT dan 1°58’25″ LU – 2°22’25″ LU. Kepulauan ini memiliki luas daratan 135 km2 dan laut seluas 200.000. Kepulauan Banyak meliputi pulau-pulau besar dan kecil dimana pulau terbesarnya adalah Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak besar.

Quote:

Quote:

Pulau Banyak dibagi dalam dua kecamatan, yaitu: Kecamatan Pulau banyak, terdiri dari 3 desa yaitu desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung. Kedua adalah Kecamatan Pulau Banyak Darat, terdiri dari 4 desa yaitu desa Haloban, Asantola, Ujung Sialit dan Suka Makmur.

Terdapat 3 bahasa yang dituturkan di kepulauan ini, yaitu: bahasa Aneuk Jamee, bahasa Holoban, dan bahasa Nias. Bahasa Aneuk Jamee dituturkan suku Aneuk Jamee. Selain itu, bahasa ini adalah lingua franca bagi ketiga etnis di kepulauan ini selain Bahasa indonesia. Bahasa Haloban dituturkan oleh suku Haloban sedangkan bahasa Nias dituturkan oleh suku Nias.

Kepulauan Banyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang sangat memesona. Sebagai daerah kepulauan, tentu saja memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis.
Untuk melakukan perjalanan ke Kepulauan Banyak dapat melalui Jakarta dengan menggunakan penerbangan ke Medan karena akses tercepat ke Kepulauan Banyak melalui Medan. Berikutnya dari medan menggunakan travel arah Medan – Aceh Singkil dengan beberapa tipe. Untuk informasi dapat menghubungi Amir (085262080049). Lama perjalanan seikira 8 jam. Ada juga Nusa Buana Air yang menyediakan penerbangan Medan – Aceh Singkil tetapi hanya 2 kali seminggu, yaitu Sabtu dan Senin pagi.


Dari Aceh singkil – Kepulauan Banyak (Pulau Balai) ada 3 alternatif angkutan, yaitu: pertama, ferry selama 4 jam dengan tarif 50 ribu dan jadwal keberangkatan 1 minggu sekali tiap hari selasa. Kedua, menggunakan kapal angkutan rakyat yang biasa untuk mengangkut sembako dari pelabuhan jembatan tinggi tarif 50 ribu dan lama perjalanan sekira 4 jam. Jadwal keberangkatan tiap hari jam 07.00 pagi menuju Pulau Balai.

Dari Pulau Balai lanjutkan menggunakan speed boat menuju pulau tujuan di Kepulauan Banyak, misalnya Pulau Palambak Besar tempat kami menginap. Biaya sewa speed boat adalah 300 ribu sekali jalan max 6 orang. Ketiga, menggunakan speed boat langsung dari pelabuhan jembatan tinggi ke pulau balai dengan tarif 1 juta, max 6 orang, dan lamanya 2 jam. Bisa juga langsung ke Pulau Palambak Besar dengan tarif 1.2 juta, max 6 orang, dan lamanya 2.5 jam. Untuk sewa speed boat dapat menghubungi nomor 0811604994.
Ada banyak hal dapat dilakukan di Kepulauan Banyak.
1. Konservasi penyu, Pulau Bangkaru. Kepulauan Banyak khususnya Pulau Bangkaru memang terdapat beberapa jenis satwa langka, yaitu penyu hijau, penyu belimbing dan penyu sisik. Akan tetapi, wilayah konservasi penyu di Pulau Bangkaru ini tidak steril lagi karena ulah-ulah tangan tidak bertanggung jawab, mereka menjarah penyu-penyu yang merupakan spesies langka dan di duga untuk dijual ke kolektor. Masuk ke Pulau Bangkaru dikenai biaya konservasi.
2. Hoping Island, Pulau Lambodong sekira 20 menit dari Pulau Palambak Besar yang memiliki spot untuk snorkling, Pulau Pandan, Pulau Tailana (spot snorkling ), Pulau Tuangku, Pulau Sikandang (ada cottage di pulau ini tetapi sayang hanya buka ketika musim liburan).
3. Surfing atau selancar di 12 titik titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 m tersebar di seluruh Kepulauan Banyak. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering di kunjungi peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru. Selain itu, ada ujung lolok yang terdapat surf camp yang tidak kalah menggiurkan ombaknya. Ombak di Kepulauan Banyak sangat ideal bagi peselancar kelas dunia karena tingginya mencapai 6 meter. Begitu pula lokasinya. Airnya dingin, ikan hiu jarang terdapat, tempat berselancar berada satu sampai dua meter di atas karang dan musim selancar relatif panjang.
4. Scuba diving, keindahan bawah laut kepulauan banyak sangat menakjubkan berupa terumbu karang dengan flora dan fauna laut yaitu tumbuhan laut dan ikan- ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran. Beberapa areal pariwisata di daerah ini adalah Pantai Pulau Tailana, Rago-Rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang. Kebanyakan di daerah ini merupakan tempat yang indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang jernih sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter terlihat jelas dari atas perahu.
5. Kayaking di Pulau Palambak besar tetapi di bagian belakang yang menghadap ke Pulau Palambak Kecil karena ombak nya sangat ideal di banding bagian depan Pulau Palambak Besar.
6. Mager (Males Gerak), ini merupakan salah satu hobi kami dari Traveller Kaskus. Tempat mager yang ‘PW’ itu ada di Pulau Palambak Besar, dari teras cottage langsung memandang ke pantai dengan pemandangan gugusan pulau-pulau serta pohon kelapa yang melamba-lambai di temani secangkir kopi.
Untuk akomodasi ada beberapa pilihan, yaitu: pertama, Pulau Balai, ibu kota kecamatan Kepulauan Banyak yang merupakan gerbang masuknya. Kedua, Pulau Palambak Besar, cottage kayu untuk 2 orang dengan tarif 100 ribu per malam dan makanan per hari 100 ribu (3 kali makan). Apabila ingin ekonomis bawa trangia dan bahan makanan sendiri. referensi 08126081916 atau 0811604994. Di Pulau Palambak Besar disediakan paket surfing tours, snorkling, diving tours, kayaking, village trek dan fishing tours. Menurut kepercayaan setempat, kita dilarang meminum air kelapa yang ada di Pulau Palambak Besar karena akan kena malaria atau mungkin menjadi kurang waras setelah keluar dari pulau. Selain itu, dilarang memakan kepiting yang berkeliaran di pulau karena beracun. Ketiga, di Pulau Sikandang tetapi cottage di pulau ini hanya buka ketika musim liburan. Keempat, tempat surf camp ujung Lolok.

Kunjungan terbaik ke Kepulauan Banyak adalah sekitar Januari hingga Mei dimana cuaca sedang bersahabat. Over all Kepulauan Banyak merupakan tempat eksotik yang wajib dikunjungi tetapi sayang belum lengkapnya sarana dan prasarana apalagi transportasi antarpulau menyebabkannya mahal. Untuk penginapan termasuk murah. Akan tetapi, itu tidak menyurutkan semangat kita untuk melihat Indonesia dan menyebarkan keindahannya kepada dunia!

Spoiler for cedibrot gan!:
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:




















Spoiler for MAP:



Penampakan lanjutan scroll kebawah ya gans and rose

Spoiler for pelan-pelan gan..:












































Spoiler for Kayaking!:
















0 komentar:

Posting Komentar