Selasa, 09 September 2014

Mengenal Bangunan-Bangunan Ikonik Jakarta

Posted by with No comments


Quote:Pendahulan

Quote:Jakarta adalah salah satu kota metropolitan terbesar di indonesia sekaligus menjadi ibukota dari negeri kita , indonesia.
Jakarta tidak luput dari kemacetan dan gedung gedung tingginya. jakarta juga memilik bangunan bangunan ikoniknya dan ane akan menjelaskan bangunan bangunan tersebut.


Quote:Monumen nasional

Quote:
Monumen Nasional (Monas) adalah satu dari sekian banyak bangunan ikonik di Jakarta. Bangunan menjulang ini memang merupakan bangunan paling ikonik dari Jakarta. Terlebih bangunan ini memiliki lapisan emas berbentuk lidah api.

Lidah api berlapis emas tersebut merupakan monumen yang didirkan dengan tujuan mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan dari Belanda yang pernah menjajah Indonesia.

Pembangunan Monas sendiri secara resmi dilakukan pada 17 Agustus 1961. Sebanyak 284 pasak beton digunakan sebagai pondasi bangunan dan sebanyak 360 pasak bumi ditanamkan untuk pondasi museum sejarah nasional.

Beberapa tempat menarik dari Monas yang bisa dikunjungi diantaranya Relief Sejarah Indonesia, Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, dan tentunya Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Monas, tempat ini buka setiap harinya pada 08.00 - 15.00 WIB. Pemerintah Jakarta kini telah memungut biaya sebesar Rp5.000 untuk uang masuk. Nantinya dana ini akan digunakan sebagai dana perawatan Monas.


Quote:Kota Tua

Quote:
Kota Tua juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama. Luas wilayah Kota Tua mencapai 1,3 km2. Kota Tua sendiri menyimpan berbagai cerita di balik seluruh bangunan cagar budaya peninggalan zaman Kolonial Belanda tersebut. Dulu Kota Tua Jakarta merupakan kota rebutan yang melambangkan kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya.

Kota Tua dulunya juga merupakan sebuah pelabuhan yang dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan termahsyur di dunia karena menjadi pelabuhan dagang mewah di Asia Tenggara. Dengan latar belakang Kota Tua yang begitu panjang, maka sangatlah pantas jika peninggalan bersejarah ini untuk selalu dilestarikan.

BAgi Anda yang ingin berkeliling di kawasan Kota Tua ada beberapa tempat menarik yang wajib untuk dikunjungi, misalnya seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Fathahillah, Museum Wayang (Gedung Gereja Batavia), Museum Keramik (Gedung Pengadilan Batavia), Museum Bank Mandiri dan masih banyak lagi.


Quote:Stadion Gelora Bung Karno

Quote:
Stadion level Internasional ini sudah banyak dipakai untuk menyelenggarakan berbagai acara kelas dunia, mulai dari pertandingan sepak bola hingga acara-acara resmi lainnya. Stadion ini dinamakan Soekarno dalam rangka penghormatan terhadap presiden pertama Republik Indonesia yang ikut mencetuskan pembangunan kompleks olahraga ini.

Stadion yang dapat menampung hingga 88 ribu orang ini mempunyai panjang dan lebar lapangan masing-masing 110 meter dan 70 meter, lintasan atletik 400 meter yang terbagi menjadi 8 jalur, panjang setel ban hingga 800 meter dan jumlah lampu yang mencapai 1700 luks.


Quote:Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Quote:
TMII merupakan salah satu taman wisata bertemakan budaya Indonesia yang letaknya ada di Jakarta Timur. Dengan luas mencapai 1,5 hektare, TMII menawarkan jelajah budaya yang mengagumkan karena mempunyai replika berbagai situs budaya yang ada di seluruh Indonesia. TMII mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan 3 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 20 April 1975.

Beberapa spot menarik yang ada di TMII misalnya adalah Istana Boneka, Kereta Gantung, Taman Kaktus, Taman Anggrek, Akuarium Air Tawar, Museum Perangko, Museum Transportasi, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu serta masih banyak lagi.

Untuk mengelilingi Indonesia dalam sekali perjalanan, Anda patut mengunjungi TMII ini karena memang menawarkan wisata budaya yang dapat menanamkan rasa Nasionalis di dalam diri sendiri. Karena Indonesia itu kaya akan budaya dan sejarah.


Quote:Istana Merdeka

Quote:
Istana merupakan tempat kediaman resmi untuk kantor dan kediaman Presiden Indonesia yang letaknya satu kompleks dengan Istana Negara dan Bina Graha. Letaknya juga menghadap tepat kea rah Taman Monumen Nasional (Monas).

Dengan luas sebesar 2.400 meter persegi, Istana Merdeka dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jendral J.W. van Lansberge pada tahun 1873. Istana Merdeka yang awalnya bernama Istana Gambir ini menjadi saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saat ini, Istana Merdeka digunakan untuk penyenggaraan kegiatan acara-acara kenegaraan seperti Peringatan Detik-Detik Proklamasi, penyambutan tamu negara hingga penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabar serta pelantikan perwira muda (TNI dan Polri).


Quote:Masjid Istiqlal

Quote:
Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dimana pembangunannya diprakarsai oleh Ir. Soekarno. Uniknya, arsitek masjid ini sendiri merupakan seorang Kristen Protestan bernama Frederich Silaban. Tentu saja tidak masalah dengan hal yang satu ini, karena Indonesia juga dikenal dengan rukunnya kehidupan antar umat beragama.

Bangunan utama masjid ini terbagi menjadi lima lantai dan satu lantai dasar. Desain masjid ini bergaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai masjid yang berlapis marmer. Masjid ini juga dihiasi dengan ornamen geometrik dari baja antikarat.

Bangunan utama masjid bermahkotakan sebuah kubah besar berdiameter 45 meter dengan ditopang oleh 12 tiang besar. Masjid ini mampu menampung hingga lebih dari 200.000 jemaah.

0 komentar:

Posting Komentar