Kamis, 04 September 2014

13 jenis sarapan orang indonesia ALL ABOUT 13

Posted by with No comments


Quote:Quote:
13. Nasi Jagung
Nasi jagung (Nasek ampog) adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Nasi ini juga pengganti makan nasi buat penderita diabetes..



Quote:Quote:
12. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibuyang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi). Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabonyang hanya berjualan pada malam hari.



Quote:Quote:
11.Lontong sayur
Lontong jenis ini penyebarannya banyak sekali di Indonesia. Mulai dari lontong sayur Medan sampai yang merayakan Cap Gomeh. Bahannya ya lontong, santan, kacang panjang, bawang goreng, dan lauknya tergantung selera Anda. Tahu bisa, ayam bisa, ikan juga masuk.




Quote:Quote:
10. Nasi Krawu
Nasi Krawu adalah makanan khas kota Gresik. Makanan ini merupakan campuran dari nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang termasuk tinggi. Ada pula yang menambahkan dengan rempelo (usus, babat, dll), cingur, bahkan mata sapi. Makanan ini tidak memakai sayur-sayuran. Hal yang menarik dari nasi krawu adalah meskipun nasi ini khas Gresik tapi semua penjualnya adalah orang madura.




Quote:Quote:
9.Nasi Kucing
Nasi kucing (atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan "segå kucing") bukanlah suatu menu tertentu tetapi lebih pada cara penyajian nasi bungkus yang banyak ditemukan pada warung angkringan. Dinamakan "nasi kucing" karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk pakan kucing. Nasi kucing adalah sebentuk nasi rames, dengan menu bermacam-macam: tempe kering, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala atau cakar ayam serta sate telur puyuh, yg semakin nikmat kalau dibakar dahulu sebentar sebelum disajikan. Nasi kucing dikenal di berbagai tempat di Jawa Tengah (termasuk Yogyakarta) dan sangat populer di kalangan mahasiswa karena harganya lumayan murah untuk ukuran kantong anak kos, selain itu rasanya juga pas di lidah orang Indonesia.


Quote:Quote:
8.Bubur Ayam
Bubur ayam memang favorit banyak orang. Mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang dewasa, semua suka bubur ayam. Istilahnya kalo sarapan bubur itu "sabu", tak lain dari "sarapan bubur".


Quote:Quote:
7. Nasi Uduk
Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Hmmm,, kayaknya enak gan..


Quote:Quote:
6.Mie
Ini adalah menu buat orang-orang yang pengennya cepet, praktis, murah meriahmasaknya gampang banget, bodo banget klo ga bisa masak ini.. kadang penyajiannya dikasi telor rebus, telor ceplok, ayam, atau pentol bakso.. tapi banyak juga yg asli ga pake lauk alias kosongan, biar kosongan tapi tetep



Quote:Quote:
5.Nasi Pecel
Pecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnyayang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi orang Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Cuma untuk pecel toppingnya sambal pecel.


Quote:Quote:
4.Nasi Jenggo Bali
NASIJENGGO BALI.Apakah kalian gemar makan”nasi kucing”di ankringan di Solo atau Yogyakarta? Nah, nasi jenggo ini adalah” nasi kucing” versi Pulau Dewata Bali.Dari sedi porsi sama-sama imut, harganya pun murah meriah.

Awalnya, nasi jenggo adalah nasi bungkuskhas bali yang biasa disajikan saat malam hari di salah satu sudut pasar senggol Suci.Dulu penggemar setia makanan ini adalah penjelajahkota di malam hari yang penampilanya mirip koboi.Karena lagak mereka mirip jagoan,lalu mereka dijuluku jenggo.Akhirnya nasi bungkus ini ikut diberi nama jenggo.
Sebungkus nasi jenggo berisi sekepal nasi putih, sejumput mie goring,tempe kering, serundeng, sedikit ayam atau daging yangdibumbui khas bali, dan sambal.Lama-lama,nasi jenggo mulai lazim di konsumsi untuk sarapan. Habis variasi lauknya sangat komplit,porsinya yang imutjuga pas untuk dinikmati di pagi hari.Bagi masyarakat bali yang terbiasa dengan cita rasa pedas, pilihan ini tidak dapat membuat lambung kaget, tapi cukup untuk mengganjal hingga menjelang siang.

Sebungkus nasi jenggo dan the manis hangat bias jaddi hari pembuka hari sepesial,bila ana berkunjung ke bali.Khusus ana yang bukan penggemar pedas,bias “tes lidah” dulu, untuk menguji kadar kepedasan dan keamanannya bagi perut anda.


Quote:Quote:
3. BUBUR KAMPIUN SUMATRA BARAT
Bubur jagung nikmat kekeyaan racikan bubur kampiun menjadikan bubur ini juaranya bubur.Setidaknya terdapat minimal lima bubur yang tersaji didalamnya,yaitu bubur sumsum, bubur kacang hijau,kolak pisang,ketan,bubur candil,srikaya dan pacar cina.
Tak hanya menjadi faforit orang dewasa,paduan warna hijjau,merah,kuning yang terdapat dalam bubur juga menjadi menu sarapan faforit untuk anak-anak ditanah minang.Ada brebagai fariasi racikan bubur kampiun yang berasal dari Bukittinggi Sumatra barat.

Dikota asalnya,lupis ketan putih,bubur ketan hitam,kolak ubi dan bubur delima menjadi paduan selain candil,bubur sumsum dan kolak pisang.Meski merupakan sajian khas padang, tidak banyak rumah makan padang yang menyediakan bubur kampiun untuk berbuka di bulan puasa.


Quote:Quote:
2.Lontong Lotek
Lotek, adalah kudapan ringan namun sarat protein dan karbohidrat, karena mengandung sayur-sayuran dan lontong nasi.

"Mi goreng di campur sayuran pakis dayak, ditambah lontong kemudian disiram kuah santan, rasanya segar dan menggugah selera," ujar si penjual.

Pedasnya cabe memang dipakai sebagai penggugah selera, selain sebagai penambah aroma khas lontong lotek.

The hangat dipakai sebagai paduan penghilang pedas.

Sebagai variasi, tempe goreng tepung juga disajikan sebagai teman menyantap lontong lotek.



Quote:Quote:
1.
Sagu adalah tepung atau olahannya yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu" (Metroxylon sago Rottb.). Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya acap kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.
Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentuk papeda, semacam bubur, atau dalam bentuk-bentuk yang lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara.
Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi).

0 komentar:

Posting Komentar