Minggu, 26 Oktober 2014

Inilah Daftar 10 Tank Terkuat di Dunia

Posted by with 1 comment



Dalam perayaan HUT TNI ke 69 pada 7 Oktober kemarin, kita bisa melihat parade unjuk kekuatan tempur militer kita baik di darat, laut maupun udara.

Nah kali ini kita akan membahas kekuatan militer angkatan darat. Memiliki pertahanan baja dan daya serangan yang dahsyat, tidak diragukan lagi tank adalah salah satu senjata tempur paling mematikan. Dan inilah daftar 10 tank terkuat di dunia!

Spoiler for 10. Type 99 (China):


Main Battle Tank (MBT) milik China ini merupakan gabungan Rusia dan Barat dalam desain dan teknologi.

Tank Type 99 ini tidak memiliki akurasi yang baik terhadap target jarak jauh, tapi kelebihannya mampu menghindar dari rudal anti-tank. Karena MBT ini dilengkapi dengan sistem proteksi laser yang aktif yang unik, yang menggunakan laser bertenaga tinggi untuk mengganggu rudal laser atau sinyal inframerah pelacak, menonaktifkan optik pengamatan musuh dan kerusakan penglihatan musuh. Sistem proteksi aktif laser ini juga dapat digunakan untuk melawan helikopter.


Spoiler for 9. Oplot-M (Ukraina):


Oplot-M ini adalah generasi terbaru dari pengembangan MBT T-80UD. Oplot-M mulai dikembangkan Ukraina setelah pecahnya Uni Soviet. MBT ini memiliki lapisan armor pelindung yang kuat terhadap ledakan yang kuat.

Tank ini dirancang untuk menghancurkan tank lawan dalam head to head, karena dilengkapi dengan rudal anti-tank yang dapat digunakan seperti misil biasa. Karena itu, Oplot-M tidak memiliki akurasi yang baik dalam tembakan jarak jauh.


Spoiler for 8. T-90 (Rusia):


T-90 adalah satu-satunya tank Rusia yang diproduksi secara masal. Sebetulnya tank ini tidak terlalu canggih, tapi MBT ini adalah tank paling sukses secara komersial di pasar global karena harganya yang murah.

Tank ini memiliki body yang mungil, sangat cepat dan mudah berakselerasi menghindari serangan musuh.


Spoiler for 7. Le Clerc (Perancis):

Main Battle Tank andalah Perancis sejak 1992. Desain dan teknologinya banyak diadopsi oleh Barat. Kemampuan utamanya yaitu bisa menembak target yang bergerak cepat, karena tank ini memiliki akurasi tembakan yang tinggi.


Spoiler for 6. TK-X (Jepang):


MBT keluaran terbaru dari Jepang, mulai beroperasi sejak tahun 2012. Ini adalah salah satu alat tempur paling maju di dunia. Tank ini dipersenjatai dengan senapan smoothbore 120-mm, mirip dengan yang digunakan Leopard 2A5 dan M1A2 Abrams.

Dalam hukum di Jepang, TK-X tidak diboleh dijual belikan ke luar negeri.


Spoiler for 5. Merkava Mk.4 (Israel):


Inilah tank dengan pertahanan paling kuat di dunia. Memiliki desain tidak biasa (anti mainstream) dengan mesin di depan yang memberikan perlindungan tambahan bagi awak tank jika tank meledak. Tank ini sangat berat, hingga membuatnya sulit berakselerasi. MBT ini juga dilengkapi dengan senjata anti-helikopter.

Merkava Mk.4 hanya digunakan oleh Israel dan tidak diperjual belikan ke negara lain.


Spoiler for 4. Challenger 2 (Inggris):

Tank yang memiliki teknologi anti api dan ledakan. Kekuatan utamanya yaitu memiliki akurasi serangan jarak jauh. Rekor terjauh Challenger 2 ini adalah jangkauan tembakan 5 km mengenai target.


Spoiler for 3. M1A2 Abrams (USA):

Salah satu MBT yang paling ditakuti. Memiliki armor dan teknologi yang luar biasa. Dilengkapi dengan sensor pengalihan untuk segala jenis rudal anti-tank.

Kelemahannya, tank ini sangat boros bahan bakar.


Spoiler for 2. K2 Black Panther (Korea Selatan):


Salah satu MBT paling canggih saat ini. K2 Black Panther adalah tank paling mahal di dunia. Secara umum mirip dengan M1A2 Abrams, tapi lebih gesit karena memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

Tank ini memiliki sensor segala jenis kendaraan yang ada di depan, bahkan juga bisa mendeteksi helikopter.


Spoiler for 1. Leopard (Jerman):


Main Battle Tank terkuat di dunia. Memiliki pertahanan berlapis dengan anti ledakan dan anti rudal. Memiliki akurasi jauh dengan daya ledak kuat.

Memiliki bobot 62 ton, Leopard sempat dianggap tidak cocok untuk wilayah Indonesia. Tapi TNI membuktikannya dengan melakukan konvoi tank Leopard di Jalan Raya Surabaya ketika HUT TNI 69 kemarin.

1 komentar:

  1. Rusia baru bikin tank canggih namanya T-14 Armata, cuma blm batlle proven aja...

    BalasHapus