San Francisco-Oakland Bay Bridge
Ketika terjadi gempa Loma Prieta pada 1989, bagian timur dek atas runtuh ke dek bawah dan kemudian jembatan ditutup selama sebulan. Jembatan baru dibuka pada 2 September 2013 dengan biaya pembangunan mencapai lebih dari USD 6,4 miliar atau sekitar Rp 75,5 T. Menurut Guinness World Records, San Francisco-Oakland Bay Bridge saat ini adalah jembatan terluas di dunia.
Great Belt Fixed Link
Dulu untuk menyebrang dengan kapal feri dibutuhkan waktu hingga 1 jam, kini masyarakat Denmark dapat mencapai setiap pulau hanya dengan menempuh waktu 10 menit dengan mobil. Great Belt Fixed Link adalah jembatan terpanjang di luar Asia dengan rentang mencapai 6,75 km, dan konstruksi jembatan ini adalah salah satu proyek terpenting dalamd sejarah Denmark.
Verrazano-Narrows Bridge
Jembatan ini menghubungkan Staten Island dan Brooklyn, dan merupakan jembatan terpanjang di Amerika dengan panjang mencapai 2,6 km. Pada saat selesai dibangun, jembatan ini sempat menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia. Butuh waktu lima tahun tujuh bulan untuk menyelesaikannya, dengan biaya sebesar USD 2,4 miliar atau sekitar Rp 28,5 T.
Yeongjong Grand Bridge
Seperti namanya, jembatan itu dibangun untuk menghubungkan pulau Yeongjong ke daratan Korea Selatan. Jembatan indah ini memiliki panjang 4,42 km. Yeongjong Grand Bridge juga merupakan bagian dari Incheon International Airport Expressway.
Tsing Ma Bridge
Ketika rampung, jembatan ini pernah menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia dengan rentang mencakup 1,37 km. Karena memiliki dua deck yang dilalui untuk jalan raya maupun lalu lintas rel, jembatan ini menjadi jembatan gantung terbesar dari jenis ini. Jembatan ini memiliki rentang utama 1.377 meter dan tinggi 206 meter.
San Francisco – Oakland Bay Bridge
Pembangunannya membutuhkan waktu 3 tahun 7 bulan dan jembatan ini pun berhasil membentang sejauh 8,25 km - yang dikenal sebagai salah satu jembatan bentang terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan ini telah menelan biaya sebesar USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 15,4 T.
George Washington Bridge
Jembatan ini menghubungkan Manhattan dan New Jersey, dan merupakan salah satu jembatan yang paling sering dilalui di New York City. Butuh 4 tahun untuk membangun jembatan ini, dan biaya yang harus digelontorkan untuknya mencapai sekitar USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,1 T.
Cooper River Bridge
Arthur Ravenel Jr adalah orang yang berjasa atas pembangunan jembatan ini karena dia berhasil melobi dewan Senat dalam usaha mencarikan dana untuk jembatan ini. Pada tahun 2005, setelah menghabiskan USD 836,9 atau sekitar Rp 9,9 T, jembatan ini dibuka untuk umum.
Tacoma Narrows Bridge
Pekerja konstruksi yang membangun jembatan ini menjulukinya Galloping Gertie berdasarkan cara jembatan ini bergerak ketika terhempas angin. Jembatan ini dirancang untuk menangani 60.000 kendaraan per hari, dan dibangun dengan biaya sekitar USD 827,7 juta atau sekitar Rp 9,8 T.
Chesapeake Bay Bridge
Ketika dibuka pada tahun 1952, jembatan ini dikenal sebagai struktur baja terpanjang di dunia. Perluasan pembangunan kemudian dilakukan pada tahun 1973, dengan biaya mencapai USD 778,3 juta atau sekitar Rp 9,2 T.
Inilah lima jembatan yang berada di urutan keenam hingga kesepuluh dalam daftar sepuluh jembatan termahal yang pernah dibangun di dunia.
08.19